Popular Posts

Saturday, March 8, 2014

Laporan Hasil Baca Buku: Marketing Politik Bukan Menjual Partai Politik



Laporan Hasil Baca Buku
Marketing Politik Bukan Menjual Partai Politik

 

Judul                : Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas
Penulis             : Firmanzah, Ph.D.
Tebal Buku      : XLII + 367 halaman
Ukuran             : 14,5 x 21 cm
Penerbit            : Yayasan Obor Indonesia, 2008


Politik adalah suatu domain aktivitas sosial yang menyangkut terjadinya perebutan dan distribusi kekuasaan. Pola interaksi dalam dunia politik yang terjadi sangat dipengaruhi oleh sistem nilai (value of system) yang berkembang dalam masyarakat. Karena sistem nilai dalam masyarakat selalu dinamis, pola interaksi politik dalam masyarakat pun bersifat dinamis
Marketing politik juga dilakukan dan dilihat secara komprehensif yang dilakukan lebih dari sekadar komunikasi politik. Marketing harus diaplikasikan dalam seluruh proses organisasi partai politik, tidak hanya pada saat kampanye
Jika dilihat dari perkembangannya, politik di Indonesia mengalami banyak fase. Dilihat dari segi pemilih, interaksi politik di Indonesia mengalami beberapa perubahan. Pada awalnya, partisipasi politik warga negara hampir sebagian besar didasarkan pada ideologi. Para pemilih macam ini memilih partai berdasarkan kesamaan pandangan ideologi. Pemilih macam ini tidak mempertimbangkan apa dan bagaimana program kerja partai. Pemilih-pemilih ini terbagi-bagi ke dalam partai-partai yang mengusung ideologi berbeda. Dan penjabaran politik lainnya.
Dalam buku ini, Firmanzah memaparkan dengan cukup rinci apa dan bagaimana marketing politik itu dilakukan. Selain itu, laiknya pemasaran bisnis, pengarang juga merinci hal-hal yang berkenaan dengan pasar, target, kemasan yang harus dikenali partai politik. Contoh kasus yang diambil pun adalah contoh-contoh kasus yang terjadi dalam pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang cukup baru yang dilaksanakan di Indonesia. Dengan demikian, marketing politik yang dipaparkan pengarang dalam buku ini relevan dengan kondisi perpolitikan di Indonesia dewasa ini.
Buku Marketing Politik ini menarik untuk dibaca. Namun, karena tujuannya hanya terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan dunia politik praktis, buku ini pada akhirnya hanya terbatas untuk dikaji oleh mereka yang terjun langsung ke dunia politik praktis dan pemerhati politik.

No comments:

Post a Comment